Cara Membuat Katalog Produk di Lajang Spot - Lajang Spot
Ξ
×

Cara Membuat Katalog Produk di Lajang Spot

Cara Membuat Katalog Produk di Lajang Spot - Ini merupakan tutorial yang saya sediakan untuk pengguna Template Lajang Spot bagi yang mau membuat landing page katalog produk di Blogger/blogspot.

Kita sudah membahas bagaimana cara membuat landing page di postingan produk dan di homepage jika menggunakan Template Lajang Spot.

Anda bisa membaca dua postingan ini:

Nah sekarang kita akan membahas Cara Membuat Katalog Produk dengan Template Lajang Spot.

1. Apa dan Mengapa Membuat Katalog Produk

Apa yang dimaksud katalog produk?

Katalog berasal dari bahasa Latin “catalogus” yang berarti daftar barang atau benda yang disusun untuk tujuan tertentu.

Jadi, katalog produk adalah daftar produk yang disusun untuk tujuan tertentu.

Lalu tujuannya apa kita membuat katalog produk?

Tujuan membuat katalog produk yaitu sebagai suatu cara menjual produk dengan bantuan katalog.

Banyak perusahaan melakukan hal ini yaitu pemasaran melalui katalog produk dengan harapan calon pembeli membeli produk yang ada pada daftar tersebut.

Misalnya nih, Anda punya sebuah produk, tetapi punya produk lainnya yang juga ingin dipromosikan, maka bagaimana caranya?

Misalnya juga ada yang tanya, kita jualan apa aja, bagaimana cara kita memberitahukannya?

Caranya bisa dengan membuat landing page katalog produk.

Nah inilah yang akan kita bahas bagaimana Cara Membuat Landing Page Katalog Produk dengan Template Lajang Spot.

2. Persiapan Membuat Katalog Produk

#2.1 Gunakan Template Blogger Lajang Spot

Dalam membuat landing page katalog produk, di sini saya menggunakan Template Lajang Spot.

Bagi Anda yang menggunakan template berbeda, bisa meniru komponen landing page dan materi yang dibahas di sini.

#2.2 Buat Postingan Produk dengan Label Produk

Anda harus membuat postingan produknya dulu sesuai Panduan Setting Template Lajang Spot dimana dalam membuat postingan, baik produk atau jasa, wajib memberi label postingan dengan nama "Dijual".

Jika produk Anda ready maka tambahakan label "Ready", sedangkan jika Anda menerapkan pre order maka tambahkan label "Pre Order".

Tapi jika Anda tidak menggunakan label "Ready" atau "Pre Order" maka form order tidak ada sehingga Anda harus menambahkan button CTA secara manual.

Jika Anda ingin agar suatu produk Anda dimunculkan pada landing page katalog produk, maka tambahkan label posting "Produk".

Anda bisa memilih produk mana saja yang ingin ditampilkan pada landing page katalog dengan memberikan atau tidak memberikan lebel postingan dengan nama "Produk".

#2.3 Tentukan Produk Utama Anda

Tujuan dari menentukan produk utama adalah untuk ditampilkan di posisi paling atas bagian sehingga akan dilihat pertama kali oleh calon pembeli.

Pertimbangan dalam menentukan produk utama adalah sebagai berikut.

  • Produk yang sedang diiklankan di facebook ads, google ads, dan lainnya.
  • Produk yang diunggulkan.
  • Produk yang relevan.
  • Produk yang memiliki stok yang cukup.

3. Cara Membuat Katalog Produk dengan Template Lajang Spot

Setelah melakukan persiapan di atas, selanjutnya kita akan belajar membuat katalog produk dengan Template Lajang Spot.

Kita dapat membuat katalog khususnya menggunakan template lajang spot dengan memanfaatkan widget khusus di Menu Tata Letak yang berada pada atas dan bawah widget blog, yaitu:

  • Widget HTML #4 (Label Produk) yang berada di atas widget posting blog.
  • Widget HTML #5 (Label Jasa) yang berada di atas widget posting blog.
  • Widget HTML #7 (Label Produk) yang berada di bawah widget posting blog.
  • Widget HTML #8 (Label Jasa) yang berada di bawah widget posting blog.
  • Widget Testimoni masing-masing untuk Label Produk dan Jasa untuk menampilkan testimoni yang berada di bawah widget posting blog.
  • Widget HTML #10 (Label Produk) yang berada di bawah widget testimoni.
  • Widget HTML #11 (Label Jasa) yang berada di bawah widget testimoni.

Adapun Komponen Landing Page yang kita gunakan dalam membuat katalog produknya adalah sebagai berikut.

  1. Button Down to CTA
  2. Headline
  3. Conversion Copy
  4. Products
  5. Why Product
  6. Social Proof

Anda bisa melihat contoh Landing Page Katalog Produk Lajang Spot.

URL dari landing page katalog tersebut adalah:

https://lajangtemplate.blogspot.com/search/label/Produk?&max-results=3

Tanda berwarna merah tersebut merupakan URL blog kita sedangkan tanda berwarna hijauh adalah pengaturan berapa banyak produk per-halaman yang akan ditampilkan.

#3.1 Button Down to CTA

Button down ini, digunakan untuk mengarahkan pengunjung untuk langsung ke bagian bawah melakukan "tindakan". Misalnya segera melihat "Daftar Produk" yang kita pampang di landing page katalog produk.

Komponen landing page ini bersifat opsional, mau ditambahkan atau tidak, tergantung dari Anda menilainya seperti apa, efektifkah digunakan atau malah menganggu.

Jika ingin ditambahkan maka letakkan di atas headline dari landing page atau paling atas di dalam konten Widget HTML #4 (Label Produk).

Yang apabila diklik, akan mengarahkan ke bagian "tindakan" yang kita inginkan yang berada di bawah.

Tindakan yang kita pasang di landing page kita disebut dengan istilah "Call to Action" yang biasa disingkat dengan CTA.

Karena yang kita inginkan dari pengunjung adalah memesan produk dari beberapa daftar produk yang ada, maka tindakan yang kita inginkan adalah Pesan Sekarang.

Jadi, kita membuat button down yang bertuliskan "Pesan Sekarang" yang akan mengarahkan ke tombol CTA yang yang kita inginkan.

Karena tombol CTA yang kita inginkan adalah "Lihat Detail" dari sebuah produk dari daftar produk yang ada, maka kita gunakan kode HTML berikut.

<div class="button down"><a href="#main">Pesan Sekarang</a></div>

Hasilnya:

#3.2 Headline

Untuk membuat kode HTML headline sama caranya pada postingan Cara Membuat Landing Page di Lajang Spot.

Contoh kode HTML:

<div id="headline"><h2>Stop <span class="font-red">buang-buang waktu</span>  mencari <span class="font-color">template blogger landing page</span> untuk <strong>sales page produk</strong> Anda</h2></div>

Hasilnya:

Stop buang-buang waktu mencari template blogger landing page untuk sales page produk Anda

Jika kita komposisikan dengan subheadline dan kita letakkan button down tepat di bawah headline dan subheadline, maka akan seperti di bawah ini.

Stop buang-buang waktu mencari template blogger landing page untuk sales page produk Anda
Percayakan Template Blogger Anda pada Ahlinya. Dengan Template Blogger yang Ada di Sini, Keinginan Anda Akan Segera Terwujud. Bisa Iklan Konversi di Fb Ads dengan Landing Page Blogspot Gratis Tanpa Biaya Bulanan

Plus, dapatkan panduan membuat landing pagenya di sini, gratis!

#3.3 Conversion Copy

Apa yang dimaksud dengan conversion copy?

Menurut Benjamin Edward Fitton [1], seorang Copywriter menyatakan bahwa:

Conversion copy adalah jenis tulisan persuasif yang bertujuan untuk membuat seseorang melakukan tindakan tertentu, sering kali untuk membeli produk atau layanan.

Conversion copy mempersempit fokus penulisan ke satu tujuan-mengkonversi, yang berarti membuat pembaca melakukan sesuatu saat itu juga.

Jadi, menurut pengertian di atas, conversion copy mencakup semua komponen landing page yang menggunakan tulisan yang persuasif dengan tujuan membuat seseorang melakukan tindakan tertentu.

Berarti headline dan subheadline bisa termasuk dong?

Iya benar, selama ia ditulis dengan conversion copywriting.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa konversi tidak selalu berarti pembelian. Faktanya, konversi dapat berarti beberapa hal seperti:

  • Mengklik tombol ajakan bertindak
  • Menelpon
  • Mengisi formulir online
  • Menambahkan sesuatu ke keranjang belanja online
  • Berlangganan ke daftar atau buletin
  • Membagikan penawaran di media sosial
  • Pergi ke halaman lain dari website atau landing page Anda

Dalam mencoba membujuk pembaca untuk beralih, tujuan copywriter adalah menulis konten yang sederhana, jelas, dan persuasif yang mendidik pembaca tentang proposisi produk, layanan, atau merek dan kemudian, yang paling penting, menjelaskan manfaat yang dibawanya bagi kehidupan mereka.

Untuk menunjukkan apa yang dimaksud, lihat raksasa perangkat lunak SEO, beranda Moz:

Ada cara yang lebih cerdas untuk melakukan SEO
Perangkat lunak dan data SEO untuk membantu Anda meningkatkan lalu lintas, peringkat, dan visibilitas dalam hasil pencarian.
Coba Moz Pro gratis

Plus, dapatkan panduan gratis dengan spesialis SEO.

Moz membuka dengan pernyataan sederhana yang tidak hanya menyatakan apa yang mereka ingin pembaca lakukan selanjutnya tetapi juga dengan jelas menyatakan proposisi nilai mereka. Mereka menawarkan cara yang lebih cerdas untuk "melakukan SEO."

Sub-copy kemudian secara ringkas menjelaskan manfaat yang mereka bawa ke bisnis Anda. Mereka memberi Anda perangkat lunak untuk "meningkatkan lalu lintas, peringkat, dan visibilitas" di halaman hasil mesin pencari.

Ajakan bertindak yang menarik muncul berikutnya, dalam warna yang berani tetapi tidak mengganggu desain yang berpusat pada konversi. Teks ajakan bertindak sederhana, diawali dengan kata kerja (“Coba”), dan memasukkan kata yang sangat penting ke sana—“gratis”.

Pesan terakhir mengundang orang untuk mendapatkan panduan gratis dengan spesialis SEO. Ini adalah bonus tambahan yang berfungsi sebagai dorongan terakhir bagi mereka yang berpikir untuk memulai uji coba gratis.

Secara keseluruhan, conversion copy ini menjanjikan SEO yang lebih baik, menawarkan daftar manfaat produk, termasuk ajakan bertindak yang memikat, dan menambahkan bonus yang tak tertahankan.

Demikianlah apa yang dikatakan oleh Benjamin Edward Fitton tentang conversion copy yang bisa Anda baca secara lengkap di gathercontent.com.

#3.4 Products

Ini merupakan komponen utama dari landing page katalog produk.

Karena tujuan dari membuat landing pagenya adalah menampilkan daftar produk.

Daftar produk ini dimunculkan oleh "widget postingan blog" dengan mengakses URL search label "Produk".

Jika produk Anda terdiri dari beberapa produk, aturlah agar jumlah produk yang tampil adalah 3 sampai 5 saja per halamannya.

URL atau alamat default landing page katalog produk kita adalah:

https://alamatblog.blogspot.com/search/label/Produk

Untuk mengatur jumlah maksimal produk yang tampil di halaman tersebut, kita tambahkan kode ?&max-results=3 di belakang URL landing page default tersebut.

Jadi URL landing page katalog produk kita menjadi:

https://alamatblog.blogspot.com/search/label/Produk?&max-results=3

Silahkan ganti URL blog yang ditandai dengan warna merah dengan URL blog Anda dan ganti angka 3 yang ditandai dengan warna hijauh sesuai jumlah maksimal produk yang ingin ditampilkan per halamannya.

#3.5 Why Product

Komponen Why Product diletakkan di bawah daftar produk yaitu di bawah widget postingan blog, tepatnya pada Widget HTML #7 (Label Produk.

Apa itu Why Product?

Komponen ini menjelaskan mengapa harus memesan produk Anda, dengan menjelaskan kelebihan dan manfaat produk, atau mendorong pengunjung untuk memesan produk Anda.

Untuk membuat "sejumlah alasan", kita bisa menggunakan list. Saya sudah menuliskan bagaimana cara Membuat List pada HTML Blog di Tutorial HTML untuk Blogger Pemula.

Seperti yang dijelaskan pada postingan "Kode HTML Postingan Produk di Lajang Spot", gunakan kode HTML berikut untuk membuat komponen ini.

<div id="why-product">
<!-- ISI ELEMENNYA DI SINI -->
</div>

Nah kita isi "daftar alasan" di bagian tersebut.

Kode HTML-nya:

<div class="subjudul"><span>Mengapa Anda Harus Memesan Produk di Sini</span></div>
    <ul>
      <li>Jaminan asli 100% bukan barang palsu.</li>
      <li>Kualitas premium.</li>
      <li>Bergaransi jika barang yang diterima tidak sesuai deskripsi atau pesanan.</li>
      <li>Transaksi mudah, bisa bayar transfer, marketplace, COD, dan sebagainya.</li>
      <li>Ada promo diskon, gratis ongkir, dan lainnya.</li>
    </ul>
  </div>

Kode <span> bisa kita ganti dengan tag heading h2 untuk membuat judul alasan "Mengapa Anda Harus Memesan Produk di Sini".

Hasilnya:

Mengapa Anda Harus Memesan Produk di Sini
  • Jaminan asli 100% bukan barang palsu.
  • Kualitas premium.
  • Bergaransi jika barang yang diterima tidak sesuai deskripsi atau pesanan.
  • Transaksi mudah, bisa bayar transfer, marketplace, COD, dan sebagainya.
  • Ada promo diskon, gratis ongkir, dan lainnya.

#3.6 Social Proof

Social proof (bukti sosial) merupakan komponen yang sangat penting dan harus ada pada sebuah landing page.

Ketiadaannya akan mengurangi power dari sebuah landing page karena keberadaannya bisa membantu meyakinkan ke pengunjung, "ini loh produk saya sudah digunakan banyak orang" atau "ini loh testimoni pemesan produk saya".

"Ketika seseorang mendarat di landing page Anda, mereka tidak tahu apakah penawaran Anda bagus -- yang memberi Anda kesempatan untuk mempengaruhi mereka menggunakan kutipan dari pelanggan, tweet yang disematkan, dan sebagainya.

Jika mereka melihat bahwa orang yang telah menggunakan tawaran tersebut berbicara positif tentangnya, mereka juga cenderung berpikir positif tentangnya -- dan oleh karena itu lebih mungkin untuk mengisi formulir dan mengubahnya menjadi prospek." [3]

Lalu apa pengertian social proof, apakah hanya dalam bentuk testimoni?

Menurut wikipedia..

Bukti sosial adalah fenomena psikologis di mana orang mengasumsikan tindakan orang lain dalam upaya untuk mencerminkan perilaku yang benar untuk situasi tertentu.

Menurut Robert Cialdini[2], yang mempelajari prinsip bukti sosial secara mendalam dalam bukunya, Influence: The Psychology of Persuasion menyatakan bahwa..

“Kita memandang suatu perilaku sebagai lebih benar dalam situasi tertentu sejauh kita melihat orang lain melakukannya”.

Seringkali dalam situasi di mana kita tidak yakin tentang apa yang harus dilakukan, kita akan berasumsi bahwa orang-orang di sekitar kita (pakar, teman, dll.) memiliki lebih banyak pengetahuan tentang apa yang sedang terjadi dan apa yang harus dilakukan.

Berikut ini bentuk social proof yang bisa dibuat di landing page kita.

  • Testimoni. Kutipan singkat dari pelanggan yang puas dengan produk kita.
  • Postingan Media Sosial. Misalnya screen shoot postingan positif dari seseorang di media sosial tentang produk kita.
  • Jumlah Pengguna. Misalnya, telah digunakan oleh 800+ customer, dsm.
  • Membagikan pencapaian. Misalnya, telah dikirim di berbagai kota di Indonesia dan Manca Negara, dsm.
  • dll.

Bagaimana cara menambahkan social proof pada template lajang spot?

Template Lajang Spot sudah menyediakan tempat untuk menampilkan social proof di landing page yaitu dengan Widget Testimoni.

Walaupun namanya widget testimoni, tapi kita bisa menambahkan bentuk social prof yang lain di sini.

Seperti yang dijelaskan pada postingan "Kode HTML Postingan Produk di Lajang Spot", gunakan kode HTML berikut untuk membuat testimoni.

<div id="social-proof">
<!-- ELEMEN TESTIMONINYA DI SINI -->
</div>

Misalnya, kita ingin membuat testimoni dalam bentuk teks, kode HTML yang digunakan:

<div id="social-proof">
<div class="subjudul"><h2>Testimoni</h2></div>
<div class="slideshow-testimoni">
<div class="testimoni">
  <q>Teks testimoni 1.</q>
  <p class="author-testimoni">Nama Orang 1</p>
</div>
<div class="testimoni">
  <q>Teks testimoni 2.</q>
  <p class="author-testimoni">Nama Orang 2</p>
</div>
<button class="prev-testimoni" onclick="plusSlides(-1)"></button>
<button class="next-testimoni" onclick="plusSlides(1)"></button>
</div>
</div>

Hasilnya:

Testimoni
Teks testimoni 1.

Nama Orang 1

Teks testimoni 2.

Nama Orang 2


Referensi:

Nah, demikianlah Cara Membuat Katalog Produk di Lajang Spot.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Katalog Produk di Lajang Spot"